Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru TA. 2022/2023 Kota Magelang dilaksanakan melalui 2 cara:

  1. PPDB Cerdas dengan daya tampung 40%
  2. PPDB Reguler Nasional dengan daya tampung 60%

A. PPDB Cerdas
PPDB Cerdas adalah PPDB yang dilakukan satuan pendidikan dengan mendasarkan pada prestasi yang disesuaikan dengan ciri khusus satuan pendidikan atau kearifan lokal dan keunggulan global yang dikembangkan di satuan pendidikan. Satuan pendidikan diberikan kewenangan untuk mengembangkan keunggulan masing-masing sesuai branding program keunggulan sekolah sesuai dengan prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).
SMP Negeri 7 Magelang mengembangkan keunggulan sekolah berupa kelas STEM/STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dengan daya tampung 64 siswa. Program PPDB Cerdas dapat diikuti oleh calon siswa tanpa memandang tempat tinggal/ domisili. Program STEM/STEAM Class merupakan salah satu terobosan mempersiapkan anak-anak dalam persaingan global dengan menyediakan kelas Koding, Desain Grafis dan Robotik.

B. PPDB Nasional (Reguler)
PPDB Nasional adalah PPDB yang dilakukan satuan pendidikan serentak sesuai dengan ketentuan PPDB Nasional. Seleksi PPDB dilaksanakan melalui emapt jalur:
1. Zonasi (50%)
2. Prestasi (30%)
3. Afirmasi (15%)
4. Mutasi (5%)
Pelaksanaan dan ketentuan PPDB Nasional mengacu pada juknis PPDB yang diterbitkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang.

Juknis PPDB TA 2022/2023 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang